pob

BINary

22 May 2010

Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot

Cara Ampuh Mengatasi Komputer Lemot
Banyak sekali faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Mungkin di antaranya, tak pernah terbayangkan oleh kita sebelumnya. Berikut tulisan di bawah ini, mengulas gangguan yang sering terjadi.yang membuat komputer lemot Diantaranya:

Pertama, komputer/laptop yang kita gunakan terkena virus sehingga membuatnya menjadi lemot. Awal penyebarannya bisa dimulai dari transfer file menggunakan media flashdisk, atau dari koneksi Internet.

Ini adalah kemungkinan yang bisa terjadi karna dilihat dari segi kepentingan data itu sendiri. Misalnya: data laporan ilmiah, Tugas-tugas, statistik, perhitungan-perhitungan matematis, foto, gambar, Dokumen kantor dan lain-lain. Mengingat betapa pentingnya data-data di atas, maka perpindahan data antara satu pc/laptop dengan yang lain sangat cepat sekali dan membuat komputer lemot.

Apabila komputer/laptop yang sudah terkena virus ini digunakan oleh user, dapat dipastikan bahwa komputer tersebut tidak mampu bekerja dengan baik. Dengan gejala seperti (a) booting yang lambat, (b) low virtual memory, (c) akses untuk membuka aplikasi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kedua, menginstalasi software dalam Komputer/laptop terlalu banyak. Maksudnya adalah, program-program yang tidak kita butuhkan, dimasukan (install) ke dalam pc/laptop. ini adalah hal yang sering terjadi, setelah salah satu program yang tidak digunakan, di biarkan begitu saja tanpa kita hapus (uninstall).

Pada suatu instalasi komputer/laptop yang umum salah satunya adalah paket program aplikasi grafis, yang biasanya memakan banyak memori yang digunakan. Sebetulnya software ini sangat bermanfaat bagi para pengguna apabila memang betul diperlukan dan gisunakan setiap hari. Namun, sebaiknya kita uninstall apabila kita tidak memerlukannya lagi. Dengan langkah tersebut dapat menghemat ruang memori pada komputer/laptop Anda, belum selesai sampai disitu, program yang kita uninstall itu biasanya menyisakan registry, dan sebaiknya kita menghapusnya juga, gunakan Software CCleaner, Uniblue Registry Editor, Tune UP utilities atau program sejenisnya. itu semua merupakan Cara Ampuh untuk mengatasinya.

Ketiga, menggunakan software anti virus lebih dari satu. Penggunaan ini dapat mengakibatkan terjadinya crash pada pc/laptop. Pada tingkat yang lebih lanjut, dapat menguras memori (RAM) yang tersedia pada komputer/laptop Anda. Bila kapasitas program melebihi kapasitas RAM maka komputer tidak akan bisa digerakan sama sekali. satunya cara adalah merestartnya.

Dari sisi user ‘pengguna’ hal ini tentunya sah-sah saja. Karena dengan asumsi bahwa perlindungan berlapis dapat memberikan tingkat keamanan yang maksimal. Pandangan ini tidak sepenuhnya salah.

Akan tetapi, yang patut kita perhatikan adalah penggunaan resources memori yang luar biasa! Misal: Software anti virus Norton digabung dengan Kapersky dapat kita bayangkan, betapa kerja kerasnya pc/laptop yang kita miliki hanya untuk menyediakan service ‘layanan’ membersihkan virus saja. Sementara pekerjaan kita yang lain menjadi terbengkalai.

Gunakanlah antivirus seperlunya saja, Jalankan antivirus jika memang sedang ingin mentransfer FILE, terkecuali bila komputer anda terhubung dengan jaringan internet, anda harus memasangnya.

Dalam mengatasi kendala di atas, maka diperlukan upaya dan antisipasi agar komputer kita berjalan normal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Antara lain:

Gunakan anti virus yang Anda sukai. Update-lah anti virus tersebut secara teratur dan konsisten. Ini bisa kita lakukan minimalnya sebulan sekali. Upaya ini kita lakukan agar meminimalisir penyebaran virus yang berusaha masuk melalui berbagai media di antaranya adalah (a) flashdisk, (b) harddisk, (c) download file internet.

Memang tidak dipungkiri, meskipun kita telah menggunakan software anti virus untuk mencegah masuknya virus, 100% tidaklah mungkin!. Karena bagaimanapun juga yang menjadi target utama dari penyebaran virus adalah manusianya itu sendiri.

Sebagai social network ‘pengguna jaringan komputer’, diperlukan upaya edukasi yang terus menerus dan berkelanjutan, untuk membangkitkan kesadaran dalam keamanan menggunakan pc/laptop.


Menggunakan skala prioritas dalam meng-instalasi software/aplikasi program yang digunakan. Misalnya: jika komputer yang digunakan untuk pemrograman maka usahakanlah isi komputer anda berisi software/program yang berkaitan dengan pemrograman. Atau apabila Anda menyukai pengolahan grafis/foto maka upayakan agar program yang digunakan software pengolah gambar.


Gambaran ini tentunya tidak dapat dijadikan pedoman atau standar pada komputer/laptop yang lain. Semuanya kembali kepada kebutuhan para pengguna. Tidak jarang dalam sebuah pc/laptop hanya terdapat software pengolah kata saja (MS. Office, Anti Virus, Browser, Zip File). Demi efisiensi dan efektivitas pemakaian, ada sebagian user secara ekstrem melakukan langkah tersebut.

Dalam menggunakan software/program anti virus maka pilihlah salah satu anti virus yang Anda percaya. Maksudnya, mudah dalam pengoperasian, nyaman dalam menggunakannya, dan keberlanjutan update dari anti virus tersebut.

Di Indonesia anti virus yang umum digunakan misalnya: Norton, Kapersky, AVG, McAffee, AntiVir, PCMAV,SMADAV, ANSAV dan masih banyak lagi. Kita boleh memilih dan memilah dalam menggunakan software anti virus. Beragam kelebihan ditawarkan oleh masing-masing vendor ‘pembuat’ anti virus ini.

Satu hal penting yang harus diingat adalah ketersediaan dari update anti virus tersebut. Apakah mudah didapatkan? atau sebaliknya. Tentunya ini menjadi catatan penting bagi para pengguna. Demikian hal-hal yang dapat kita lakukan dalam upaya menanggulangi pc/laptop kita supaya dapat kita gunakan secara maksimal.



SeLain Itu Kemungkinan adalah Masalah hardware Dikomputer anda, bagian yang berpengaruh diantaranya adalah..

HARDDISK
Hardisk adalah media penyimpanan data utama, smakin lama komputer digunakan semakin lama pula data anda bertambah dan mendekati kapasitas hardisk, dan membuat data anda berantakan untuk itu

Lakkukan Defragment, langkahnya adalah
start > allprogram >;accesoris > system tools> Disk Defragment

Lakukan Chkdisk pada semua partition
klik my Computer > klik kanan Drive C > properties > tools > Check Now
Berikan Centang pada automaticaly fix file system error
scan for and attempt recovery bad sector
klik start dan pilih yes, Lalu restart komputer anda.

Lakukan Juga cara diatas pada Drive D

Bisa Juga Komputer anda Lemot karena kapasitaas RAM terlalu Minim , Upgrade RAM dengan kapasitas minimal 1 GB, bila untuk game minimal 2 GB... :P jangan sampai salah ketika membeli RAM karena didunia ini ada 3 jenis RAM yang masih beredar.. untuk tips mengupgrade RAM silahkan menuju ke Tips Upgrade Ram dan Membedakan jenis"nya

atau GAnti Prosesor anda.... dengan yang lebih bagus
Atau Ganti Komputer Lemot Anda Dengan yang Baru...Ketika anda membeli yang baru, yang lama buat saya aja..hihihihi demikian cara ampuh mengatasi komputer lemot...sekian dulu dari saya sebenarnya masih ada lagi cara untuk mengatasi komputer lemot, namun saya sudah ngantuk......sekian dari saya trims..

2 comments: